Standar NFPA untuk pemadam kebakaran

Standar NFPA adalah standar yang dihasilkan oleh National Fire Protection Association mengenai upaya mengurangi kematian, cedera, kerugian ekonomi sebagai akibat dari kebakaran, listrik, dan bahaya terkait.

Organisasi NFPA

NFPA adalah organisasi nirlaba internasional, yang didirikan pada tahun 1896.

Asosiasi atau organisasi ini didedikasikan untuk mengurangi :

  • death : kematian,
  • injury : cedera,
  • property and economic loss : kerugian harta benda dan ekonomi.

Yang mungkin terjadi sebagai akibat dari :

  • fire : kebakaran,
  • electrical : listrik,
  • related hazards : bahaya terkait.

Visi dan Misi NFPA

Visi: Kami adalah advokat global terkemuka untuk penghapusan kematian, cedera, harta benda, dan kerugian ekonomi akibat kebakaran, listrik, dan bahaya terkait.

Misi: Membantu menyelamatkan nyawa dan mengurangi kerugian dengan informasi, pengetahuan, dan semangat.

NFPA memberikan informasi dan pengetahuan melalui :

  • lebih dari 300 kode dan standar konsensus, penelitian, pelatihan, pendidikan, penjangkauan dan advokasi
  • kemitraan dengan pihak lain yang memiliki minat yang sama dalam memajukan misi NFPA.

Sejarah NFPA

Pada tahun 1895, “Committee on Automatic Sprinkler Protection” dibentuk di Massachusetts oleh pihak yang berafiliasi dengan beberapa perusahaan asuransi kebakaran dan produsen pipa.

Dengan tujuan untuk mengembangkan standar yang seragam bagi desain dan pemasangan sistem penyiram api atau fire sprinkler systems.

Pada saat itu, terdapat sejumlah 9 standar yang sudah berlaku dalam radius 100 mil (160 km) dari Boston, Massachusetts.

Keragaman dari banyaknya standar yang ada tersebut menyebabkan kesulitan besar bagi pekerja pipa yang bekerja di wilayah New England.

Tahun berikutnya, komite menerbitkan laporan awalnya tentang standar yang seragam, dan kemudian membentuk NFPA pada akhir tahun 1896.

Laporan awal komite berkembang menjadi “NFPA 13, Standard for the Installation of Sprinkler Systems” atau Standar untuk Instalasi Sistem Sprinkler.

Standar tersebut saat ini menjadi yang paling banyak digunakan dalam standar alat penyiram api.

Sekitar tahun 1904, NFPA mulai memperluas keanggotaannya dari hanya sebagai afiliasi perusahaan asuransi kebakaran menjadi organisasi yang berkembang.

Mereka juga memperluas misinya di luar kegiatan distribusi standar alat penyiram api atau fire sprinkler standards.

Keanggotaan NFPA

Pada 2018, NFPA mengklaim memiliki 50.000 anggota dan 9.000 sukarelawan yang bekerja dengan organisasi tersebut melalui 250 komite teknisnya.

Ada beberapa jenis atau kategori Keanggotaan didalam NFPA yakni :

  • Professional membership
  • Renew your membership
  • Student membership

Keuntungan sebagai anggota NFPA diantaranya adalah :

  • Menjadi anggota NFPA adalah cara termudah untuk tetap up-to-date. Keanggotaan membantu untuk membuat keputusan yang tepat dalam pekerjaan dengan memberi berita dan informasi terbaru, koneksi profesional, dan akses ke staf NFPA yang dapat menjawab pertanyaan standar teknis.
  • Anggota diundang untuk memaksimalkan keuntungan mereka dengan bergabung dengan 1 atau lebih dari 12 Bagian Anggota khusus industri NFPA.
  • Keanggotaan bagian atau Section membership adalah gratis dan disertakan dengan keanggotaan NFPA.
  • Langganan ke NFPA Journal®, majalah anggota resmi NFPA yang mencakup topik utama dalam perlindungan dan pemadaman kebakaran, laporan investigasi, studi tahunan tentang kebakaran dengan kerugian besar dan kematian ganda, kematian dan cedera petugas pemadam kebakaran, dan informasi lain yang menarik bagi anggota NFPA.
  • Dapat membaca versi aplikasi online dan seluler NFPA.
  • Menerima NFPA Journal® Update, buletin elektronik dua mingguan yang dikirimkan langsung ke email.

Kegiatan NFPA

Berikut adalah beberapa kegiatan lain yang dilakukan oleh NFPA.

NFPA memiliki misi untuk menghilangkan kematian, cedera, harta benda, dan kerugian ekonomi akibat kebakaran, listrik, dan bahaya lainnya.

Oleh karena itu, NFPA mengembangkan program, alat, dan sumber daya pendidikan yang mudah digunakan untuk segala usia dan pengguna.

  • Fire Prevention Week : Pekan Pencegahan Kebakaran adalah kampanye tahunan yang membahas tema keselamatan kebakaran tertentu.
  • Learn Not to Burn® : membahas penyebab utama cedera dan kematian pada anak-anak.
  • Remembering When® : membahas penyebab utama cedera dan kematian di antara orang dewasa yang sudah berumur.
  • Sparky the Fire Dog® : adalah maskot resmi NFPA.

Maskot

Sparky the Fire Dog adalah maskot resmi dari NFPA, yang dibuat pada tahun 1951 untuk mempromosikan pendidikan keselamatan kebakaran untuk anak-anak.

Sparky adalah seekor anjing jenis Dalmatian yang mengenakan perlengkapan pemadam kebakaran.

Sebuah buku anak-anak yang ditulis tentang Sparky oleh Don Hoffman diterbitkan pada tahun 2011.

Don Hoffman menjabat sebagai juru bicara untuk Minggu Pencegahan Kebakaran atau Fire Prevention Week pada setiap bulan Oktober di Amerika Serikat dan Kanada.

Penjangkauan dan Advokasi

  • Fire Sprinkler Initiative : Inisiatif Fire Sprinkler mendorong penggunaan alat penyiram api rumah melalui peningkatan kesadaran dan adopsi peraturan lokal atau kode model.
  • Firewise Communities program : Program Komunitas Firewise mendorong solusi lokal untuk keselamatan kebakaran hutan dengan melibatkan pemilik rumah, tokoh masyarakat, perencana, pengembang, petugas pemadam kebakaran, dan lainnya dalam upaya melindungi orang dan properti dari risiko kebakaran hutan.

Training NFPA

Pelatihan atau Training NFPA mencakup berbagai cara mudah untuk mengakses kode dan pelatihan standar.

Pilihan yang ada terdiri dari pelatihan kelas, pelatihan online, pelatihan di tempat, konferensi, dan sertifikasi.

  • Seminar NFPA memberikan wawasan tentang arti, maksud, dan penerapan yang tepat dari kode keselamatan kebakaran dan listrik.
  • NFPA mengelola program sertifikasi profesional termasuk Spesialis Perlindungan Kebakaran Bersertifikat, Pemeriksa Kebakaran Bersertifikat, dan Pemeriksa Rencana Kebakaran Bersertifikat.
  • Konferensi & Expo NFPA tahunan mendorong pertukaran ide di antara anggota Asosiasi. Kode dan standar NFPA baru dan yang direvisi juga dibahas dan dipilih dalam pertemuan ini.
  • NFPA mengembangkan lusinan teks, panduan, dan materi lain yang menargetkan keselamatan dan kesehatan petugas pemadam kebakaran dan responden pertama lainnya.

Riset NFPA

NFPA adalah sumber utama untuk analisis, penelitian, dan analisis data kebakaran.

Ini membantu memandu penjangkauan pendidikan, mendukung pekerjaan Komite Teknis NFPA, dan membingkai gambaran kerugian kebakaran untuk organisasi, media, dan masyarakat umum.

  • Research, Data and Analytics division : Divisi Riset, Data, dan Analisis menghasilkan berbagai laporan tahunan dan studi khusus tentang semua aspek masalah kebakaran nasional.
  • Investigations of fire incidents : NFPA melakukan investigasi insiden kebakaran yang menjadi kepentingan teknis kepada konstituennya, termasuk Komite Teknisnya dan komunitas kebakaran yang lebih luas.
  • Fire Protection Research Foundation : Yayasan Penelitian Perlindungan Kebakaran merencanakan, mengelola, dan mengomunikasikan penelitian untuk mendukung pengembangan kode dan standar NFPA serta upaya pendidikan dan kesadaran publik.
  • Charles S. Morgan Library : Perpustakaan Charles S. Morgan mendukung penelitian dan memelihara arsip NFPA. Ini adalah salah satu perpustakaan ilmu kebakaran terbesar di dunia.

Publikasi NFPA

Berikut adalah beberapa publikasi dari NFPA :

  • NFPA Journal® : majalah dua bulanan khusus anggota, meliput berita industri.
  • NFPA Journal® Buyers’ Guide : Panduan Pembeli NFPA Journal ini berisi daftar produk dan layanan dari produsen dan konsultan proteksi kebakaran dan layanan kebakaran terkemuka.
  • NFPA Journal® Latinoamericano : adalah sumber informasi kebakaran, keamanan, dan keselamatan jiwa nomor 1 di Amerika Latin.

Standar NFPA

Asosiasi ini menerbitkan lebih dari 300 kode konsensus dan standar yang bertujuan untuk meminimalkan kemungkinan dan efek kebakaran beserta risiko lainnya.

Hal ini dilakukan dengan cara menetapkan kriteria untuk pembangunan, pemrosesan, desain, servis, dan penerapan nya di seluruh dunia.

Kode dan standar tersebut dikelola oleh lebih dari 250 komite teknis, yang terdiri dari sekitar 9.000 sukarelawan.

Mereka meninjau masukan publik dan memberikan suara pada revisi dalam proses yang diakreditasi oleh ANSI (American National Standards Institute).

ANSI (American National Standards Institute) adalah organisasi nirlaba swasta yang mengawasi pengembangan standar yang disetujui secara sukarela untuk produk, layanan, proses, sistem, dan personel di Amerika Serikat.

Melalui kerjasama dengan ANSI, NFPA juga menyediakan akses online gratis ke kode dan standarnya.

Hal ini juga dilakukan oleh ANSI melalui kerjasama dengan berbagai SDO (Standard Development Organization) selain NFPA.

Oleh karena itu, ANSI juga membentuk Portal ANSI IBR.

Portal ANSI IBR adalah situs yang dibuat ANSI untuk menyediakan standar-standar gratis dari organisasi pengembangan standar untuk dibaca secara online.

Lebih jelas mengenai ANSI dan Portal ANSI IBR dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Daftar Standar NFPA

Terdapat banyak sekali standar dari NFPA, oleh karena itu kami pisahkan dalam artikel lain sebagaimana berikut :

  • Daftar Standar NFPA

Demikian artikel dari standarku.com mengenai Standar NFPA untuk pemadam kebakaran.

Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Baca artikel lain :

Sumber referensi :

1 thought on “Standar NFPA untuk pemadam kebakaran”

Leave a Comment