Mengenal AIAG organisasi standardisasi dunia

Pengertian dan Pemahaman AIAG

Sekilas Artikel AIAG

Artikel ini disusun untuk membuat pembaca memahami dan mengerti dalam waktu singkat mengenai AIAG sebagai salah satu organisasi standarisasi dunia yang paling populer.

Disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, disertai dengan penjelasan istilah yang bisa dimengerti oleh semua orang, bahkan yang awam dengan industry otomotif sekalipun.

 

Pengertian AIAG

Apa itu AIAG ?

AIAG dari sisi bahasa dan komersil adalah :

  • secara bahasa AIAG adalah kependekan dari “Automotive Industry Action Group”
  • secara komersil AIAG adalah sebuah perusahaan nirlaba (tidak mencari keuntungan atau non-profit)

Pemahaman AIAG  :

AIAG terbentuk dari gabungan OEM (perusahaan pabrikan kendaraan bermotor) seperti General Motor, Ford, Chrysler), supplier atau perusahaan pemasok material, service provider atau penyedia layanan, government atau pemerintah dan akademisi.

Mereka bekerja sama selama lebih dari 37 tahun untuk mencapai cost down atau usaha penurunan biaya produksi dan usaha untuk menyederhanakan automotive supply chain atau rentetan jaringan perusahaan pemasok material otomotif.

Anggota AIAG terdiri dari berbagai perusahaan manufaktur terbesar kelas dunia, perusahaan part supplier atau pemasok suku cadang dan perusahaan penyedia layanan pendukung lainnya.

 

Sejarah organisasi standarisasi dunia AIAG

Pendiri AIAG adalah 3 perusahaan pabrikan otomotif terbesar di wilayah Amerika Utara, yaitu : Chrysler, Ford, and General Motors pada tahun 1982 di Southfield, Michigan.

Kini, anggota AIAG terdiri dari berbagai pabrikan otomotif di seluruh dunia, termasuk pabrikan otomotif besar dunia seperti : Perusahaan otomotif jepang (Toyota, Honda, Nissan), Pabrikan truk dan alat berat atau earth moving (Caterpillar, Navistar International).

Sekaligus diikuti juga oleh perusahaan pemasok suku cadang dan layanan lainnya dari pabrikan otomotif tersebut, Tier 1 dan sub Tier Supplier.

Sudah lebih dari 800 pabrikan otomotif, pabrikan suku cadang dan perusahaan layanan pendukung industry ini yang menjadi member AIAG.

Tier 1 maksudnya supplier langung dari pabrikan otomotif, Tier 2 adalah supplier dari Tier 1, dan seterusnya.

Perusahaan-perusahaan yang menjadi anggota AIAG bekerja sama untuk membangun AIAG dengan sukarela.

Mereka menyelenggarakan berbagai forum untuk membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan AIAG.

Pembahasan tersebut antara lain seperti memberikan rekomendasi, guideline atau pedoman kerja dan best practice atau perbaikan yang berhubungan dengan dunia Industri.

Ada lebih dari 900 sukarelawan yang terlibat dalam pengembangan AIAG.

Pada awalnya, AIAG dibentuk untuk perbaikan kualitas industry otomotif di wilayah Amerika Utara, namun kini ruang lingkupnya telah berkembang ke banyak hal seperti :

  • bidang standar kualitas produk atau product quality standard
  • standar barcode dan RFID
  • material management
  • EDI
  • system container atau returnable container system
  • system pengemasan atau packaging system
  • ekspor impor atau customs
  • dan juga peraturan lainnya

 

Keanggotaan organisasi standarisasi dunia AIAG

Keuntungan yang akan diperoleh perusahaan yang menjadi anggota AIAG adalah :

  • Diperbolehkan untuk mengikuti forum resmi yang dihadiri oleh pihak stakeholder atau pemangku kepentingan. Forum bertujuan untuk berdiskusi mengenai topik-topik permasalahan yang muncul di dunia industri khususnya otomotif.
  • Perusahaan yang tergabung dalam organisasi AIAG ini, akan lebih didengarkan pendapatnya di dunia industri dibandingkan dengan perusahaan yang berdiri sendiri.
  • Anggotanya bisa ikut terlibat dalam penentuan regulasi, standar atau persyaratan. Kemudian juga akan mendapatkan informasi lebih awal mengenai perkembangan dunia industri, dibandingkan dengan perusahaan lain yang bukan merupakan anggota AIAG.
  • Para ahli dari berbagai sektor otomotif yang tergabung dalam organisasi AIAG ini, bekerja sama untuk menemukan solusi terhadap segala permasalahan yang ada. Mereka juga saling berbagi metode perbaikan (best practice) dalam rangka penurunan sistem yang kurang efektif maupun issue proses yang mereka hadapi, sehingga hal ini akan berdampak baik untuk peningkatan bisnis di perusahaan masing-masing anggotanya.
  • Perusahaan anggota bisa ikut andil dalam perubahan proses komersial industry otomotif.
  • Posisi AIAG yang strategis di marketplace dunia industri akan menambah banyak partner maupun koneksi, sehingga akan membantu pertumbuhan bisnis perusahaan anggotanya secara keseluruhan.

 

Board of Directors (BoD) organisasi standarisasi dunia AIAG

BoD AIAG dibentuk dari perwakilan setiap perusahaan anggotanya.

Mereka bertanggungjawab untuk menjaga peranan AIAG terhadap rantai pasokan material otomotif agar berjalan dengan baik, efisien dan bertanggung jawab.

Tugasnya adalah memberikan arahan strategis dan mengawasi upaya kolaboratif dari organisasi untuk membangun dan meningkatkan daya saing di dunia industry.

 

Handbook Standar terbitan AIAG

AIAG menerbitkan standard dan menyediakan training serta seminar pendidikan, standar tersebut adalah quality standard atau standar kualitas sebagaimana berikut :

  • APQP (advanced product quality planning)
  • PPAP (production part approval process)

Kedua standar tersebut diatas merupakan dokumen quality standard yang wajib digunakan di Amerika Utara. Kedua dtandar tersebut harus diikuti oleh seluruh supplier otomotif dari Tier 1, 2 hingga 3.

 

Referensi :

https://www.aiag.org/

https://en.wikipedia.org/wiki/Automotive_Industry_Action_Group

 

Baca artikel lain :

Standar Tool FMEA Handbook terbaru dari AIAG dan VDA

Apa itu FMEA (Failure Mode Effect Analysis)

Mengenal dan memahami IATF

Tags:

1 thought on “Mengenal AIAG organisasi standardisasi dunia”

  1. Pingback: Standar Metode MSA Measurement System Analysis - Referensi Standar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *