Singapore Standard

Singapore Standard (SS) adalah standar yang ditetapkan dan digunakan untuk kepentingan kegiatan industri di negara Singapura.

Pengelolaan Singapore Standard

Proses standardisasi dikoordinasikan oleh Singapore Standards Council atau Dewan Standar Singapura.

Dewan Standar Singapura menyediakan fasilitasi terhadap pengembangan, promosi dan penetapan Standar dan Referensi Teknis di Singapura.

Pekerjaan ini dilakukan melalui kemitraan dengan industri, akademisi dan organisasi pemerintah, di bawah program standardisasi nasional yang dikelola oleh Enterprise Singapore.

Badan Standar Nasional Singapura adalah badan hukum di bawah Pemerintah Singapura yang saat ini disebut Enterprise Singapore, sebelumnya adalah SPRING Singapore.

Sebelum terbentuk Enterprise Singapore, Badan Standar Nasional Singapura disebut SPRING (Standards, Productivity and Innovation Board) Singapore.

Pada awalnya, Dewan Standar Singapura dikelola oleh SPRING Singapura, Namun kemudian, peran ini digantikan oleh Enterprise Singapore pada tahun 2018.

Enterprise Singapore terbentuk sebagai hasil penggabungan SPRING Singapore dengan International Enterprise Singapore pada tahun tersebut.

Lebih jelas mengenai SPRING Singapore dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Pengertian Standar

Apa itu standar?

Standar adalah seperangkat spesifikasi atau prosedur yang dirancang untuk meningkatkan penerimaan pasar, inovasi dan kualitas bahan, produk, metode, dan/atau layanan yang digunakan orang setiap hari.

Jadi, berbagai standar dibuat untuk memfasilitasi interoperabilitas dan mendukung keselamatan konsumen, kesehatan masyarakat, dan kelestarian lingkungan.

Selanjutnya, mengapa perusahaan harus mengadopsi standar?

Karena standar dapat membantu setiap perusahaan dalam menetapkan spesifikasi dan prosedur yang konsisten yang dapat dengan mudah dipahami dan diadopsi.

Sehingga akan mampu untuk memastikan kompatibilitas, menyederhanakan produksi dan pengembangan produk, dan mempersingkat waktu pemasaran.

Secara garis besar, suatu perusahaan dapat memanfaatkan standar untuk:

  • Memfasilitasi pertumbuhan baru dan peluang pasar,
  • Mendorong produktivitas,
  • Mengoptimalkan efisiensi sumber daya,
  • Mendukung kebutuhan keamanan dan sosial.

Oleh karena itu, pada intinya hal-hal tersebut akan membantu setiap perusahaan untuk tetap berada di posisi terdepan.

Standar dan Referensi Teknis

Mengadopsi standar dan referensi teknis adalah cara yang efektif bagi setiap perusahaan untuk :

  • mempertahankan kualitas yang konsisten,
  • membangun kepercayaan pelanggan,
  • dan mendapatkan penerimaan di pasar global.

Kita dapat memanfaatkan standar untuk:

  • Memfasilitasi pertumbuhan baru dan peluang pasar
  • Mendorong produktivitas
  • Mengoptimalkan efisiensi sumber daya
  • Mendukung kebutuhan keamanan dan sosial

Peran Enterprise Singapore

Lalu, apakah peran Enterprise Singapore dalam pengembangan standar?

Enterprise Singapore bertindak sebagai badan standar nasional, sehingga mereka mengelola Program Standardisasi Singapura.

Bersama dengan Dewan Standar Singapura yang dipimpin oleh industri yang ditunjuk, mereka berkolaborasi dengan pemangku kepentingan utama dari industri dan lembaga pemerintah untuk :

  • Mengidentifikasi dan mengembangkan standar baru serta meninjau standar yang ada untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan mendukung inisiatif sosial, keselamatan, kesehatan, dan lingkungan di Singapura.
  • Publikasikan Standar dan Referensi Teknis Singapura.
  • Mewakili Singapura dalam organisasi internasional utama seperti ISO dan IEC, dan forum standar regional.

ISO dan IEC

International Organization for Standardization (ISO) adalah organisasi internasional non-pemerintah yang independen dengan keanggotaan 164 badan standar nasional di seluruh dunia.

ISO adalah suatu organisasi atau lembaga nirlaba internasional, yang bertujuan untuk membuat dan memperkenalkan standar dan standardisasi internasional untuk berbagai tujuan.

Pada era globalisasi, batas antar negara dihilangkan untuk memudahkan dalam perdagangan, perjalanan, dan kolaborasi antar negara.

Oleh karena itu diperlukan aturan standar bagi negara-negara tersebut, salah satunya adalah hadirnya organisasi ISO.

Melalui anggotanya, ISO menyatukan para ahli untuk berbagi pengetahuan dan mengembangkan Standar Internasional sukarela, berbasis konsensus, relevan dengan pasar yang mendukung inovasi dan memberikan solusi untuk tantangan global.

Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) adalah organisasi keanggotaan nirlaba global yang menyiapkan dan menerbitkan standar internasional untuk semua teknologi kelistrikan, elektronik, dan terkait.

Mereka menyatukan 171 negara dan mengoordinasikan pekerjaan dari 20.000 ahli secara global.

Lebih jelas mengenai ISO dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Pengembangan Standar

Sebagai Badan Standar Nasional, Enterprise Singapore mengelola Program Standardisasi Singapura melalui Dewan Standar Singapura yang dipimpin oleh industri.

Kemudian, Dewan menyetujui penetapan, peninjauan, dan penarikan Standar dan Referensi Teknis Singapura.

Dewan juga memberi saran kepada Enterprise Singapore tentang kebijakan, strategi, inisiatif, dan prosedur untuk pengembangan dan promosi standar.

Standar tersebut dikembangkan terutama melalui:

  • Penerapan standar internasional (misalnya : ISO 9001 diterbitkan kembali sebagai SS ISO 9001 – Sistem manajemen mutu – Persyaratan).
  • Pengembangan, dengan masukan dari industri, untuk memenuhi kebutuhan spesifik ekonomi lokal (misalnya SS 631 – Spesifikasi untuk sistem atap logam).

Standar Singapura adalah dokumen yang diakui secara nasional, yang ditetapkan melalui konsensus.

Persyaratan fungsional atau teknis berupa spesifikasi bahan, sistem atau proses produk, kode praktik, metode pengujian, terminologi, dan panduan.

Referensi Teknis atau Technical References (TR) adalah dokumen transisi yang dikembangkan untuk membantu memenuhi permintaan industri yang mendesak pada produk, proses, atau layanan tertentu di area di mana standar referensi tidak tersedia.

Tidak seperti Standar Singapura, TR tidak dikukuhkan, serta dapat diterbitkan tanpa proses konsensus.

Standar tersebut telah ‘diuji’ selama dua tahun sebelum penilaian kesesuaiannya untuk disetujui sebagai Standar Singapura.

Oleh karena itu, TR dapat menjadi Standar Singapura setelah 2 tahun, dilanjutkan sebagai Referensi Teknis untuk komentar lebih lanjut, atau ditarik.

Daftar Singapore Standard dari wikipedia

Daftar berikut tidak lengkap dan berdasarkan standar terlaris tahun 2018 oleh eShop. Sebagaimana dikutip dari wikipedia.org pada 24 November 2021.

StandardName
SS 583:2013Guidelines on food safety management for food service establishments
SS 638:2018Code of practice for electrical installations
SS ISO 14001:2015Environmental management systems – Requirements with guidance for use
SS EN 1997-1:2010 (2018)Eurocode 7 – Geotechnical design – General rules
SS ISO 9001:2015Quality management systems – Requirements
SS 551:2009Code of practice for earthing
SS 532:2016Code of practice for the storage of flammable liquids
SS 593:2013Code of practice for pollution control
SS 584:2015Multi-Tier Cloud Security Standard
SS 554:2016Code of practice for indoor air quality for air-conditioned buildings
SS 510:2017Code of practice for safety in welding, cutting and other operations involving the use of heat
SS 553:2016Code of practice for air-conditioning and mechanical ventilation in buildings
SS 444:2018Hazard analysis and critical control point (HACCP) system for food industry – Requirements with guidance for use
Daftar Singapore Standard dari wikipedia

Daftar adopsi Singapore Standard

Berikut adalah beberapa standar internasional dan Singapura yang diadopsi secara luas, dan referensi teknis terkait industri.

Singapore Standard kategori Umum

  • ISO 45001 Occupational Health and Safety Management Systems – Requirements with Guidance for Use specifies requirements for an occupational health and safety (OH&S) management system to prevent work-related injuries and ill health. Panduan ini membantu Anda menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat dengan menetapkan, menerapkan, dan memelihara sistem manajemen K3.
  • ISO 9001 Quality Management Systems adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu. Anda dapat menggunakan standar untuk menunjukkan kemampuan perusahaan Anda untuk secara konsisten menyediakan produk dan layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan.
  • ISO 14001 Environmental Management Systems menyediakan pendekatan terpadu untuk pengelolaan lingkungan, dan memastikan bahwa dampak lingkungan dari bisnis Anda diukur dan dikelola. Ini juga membantu mengurangi biaya dan pemborosan melalui praktik berkelanjutan.
  • ISO 22301 Business Continuity Management Systems menyediakan kerangka kerja untuk sistem manajemen terdokumentasi untuk melindungi, mengurangi kemungkinan terjadinya, mempersiapkan, merespons, dan memulihkan dari insiden yang mengganggu ketika muncul.
  • ISO 45001 Occupational Health and Safety Management Systems menyediakan kerangka kerja untuk mengelola pencegahan kematian, cedera terkait pekerjaan, dan kesehatan yang buruk, dengan hasil yang dimaksudkan untuk menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi pekerja dan orang-orang yang berada di bawah kendali organisasi Anda.

Lebih jelas mengenai standar kategori umum diatas dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Singapore Standard kategori Aerospace

  • AS 9100 Quality Management Systems – Requirements for Aviation, Space and Defense Organisations adalah sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional yang dirancang untuk para pemain di industri kedirgantaraan atau aerospace. Ini termasuk perusahaan desain, manufaktur dan pemeliharaan. Ini membahas keselamatan penerbangan dan persyaratan manajemen penerbangan, dan mendukung perusahaan Anda di seluruh rantai pasokan atau supply chains. Memiliki sertifikat AS 9100, akan memungkinkan perusahaan untuk tetap kompetitif dan mendapat manfaat dari proses yang ditingkatkan.
  • AS 9120 Quality Management Systems – Requirements for Aviation, Space and Defense Distributors berfokus pada area yang berdampak langsung pada keamanan dan keandalan produk. Ini membahas rantai penjagaan, keterlacakan, kontrol dan ketersediaan catatan. Standar ini berlaku jika perusahaan Anda terlibat dalam penjualan kembali, distribusi, atau penyimpanan suku cadang yang ditemukan di pesawat terbang dan komponen kedirgantaraan lainnya.
  • National Aerospace and Defense Contractors Accreditation Programme (Nadcap) adalah upaya industri koperasi untuk membantu Anda meningkatkan kualitas sekaligus mengurangi biaya. Program ini menetapkan tolok ukur industri yang ketat yang memenuhi persyaratan semua peserta, dan menggantikan audit rutin pemasok dengan yang disetujui melalui proses pengambilan keputusan konsensus anggota dari komunitas pengguna. Ini juga melakukan audit proses khusus yang lebih komprehensif dan unggul secara teknis. Nadcap dikelola oleh Performance Review Institute.

Singapore Standard kategori Cleantech (teknologi bersih)

  • ISO 50001:2011 Energy Management Systems – Requirements with Guidance for Use specifies requirements for establishing, implementing, maintaining, and improving an energy management system. Jika Anda ingin mengurangi konsumsi energi, biaya, dan dampak lingkungan perusahaan Anda, standar ini berlaku untuk Anda. Standar ini relevan untuk perusahaan di industri seperti teknologi bersih, konstruksi, logistik, bahan kimia, dan layanan teknik.
  • SS 577:2012 Water Efficiency Management Systems – Requirements with Guidance for Use adalah standar Singapura yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen efisiensi air. Ini mencakup alat dan praktik terbaik untuk membantu perusahaan Anda mengadopsi pendekatan sistematis untuk meningkatkan penggunaan dan efisiensi air. Standar ini berguna untuk pengguna air non-domestik, seperti industri, komersial, gedung perkantoran dan hotel.

Lebih jelas mengenai standar kategori diatas dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Singapore Standard kategori Environment and Sustainability (Lingkungan dan Keberlanjutan)

  • ISO 14064:2006 Greenhouse Gases memberi perusahaan Anda seperangkat alat untuk mengukur, memantau, melaporkan, dan memverifikasi emisi gas rumah kaca atau greenhouse gas (GHG). Ini terdiri dari tiga bagian : Part 1 – Design and development of company-level GHG inventories, Part 2 – Quantifying, monitoring, and reporting emission reductions or removal enhancements from GHG projects, Part 3 – Validating and verifying GHG information. Jika Anda terlibat dalam manajemen risiko perusahaan, pencatatan atau inisiatif pelaporan GRK sukarela, pembelian dan penjualan tunjangan GRK atau pelaporan peraturan, standar ini berlaku untuk Anda.
  • SS 587:2013 Management of End-of-Life ICT Equipment membantu perusahaan Anda mengurangi dampak lingkungan dari limbah peralatan ICT atau TIK. Ini memberikan panduan untuk meningkatkan proses daur ulang perusahaan Anda untuk peralatan TIK. Kerangka kerja ini selaras dengan standar sistem manajemen internasional yang telah ditetapkan, dan didasarkan pada kerangka perbaikan berkelanjutan Plan-Do-Check-Act.

Singapore Standard kategori Food (Makanan)

  • SS 668:2020 Cold Chain Management for Chilled and Frozen Food adalah serangkaian standar yang menetapkan persyaratan umum dan kode praktik untuk manajemen rantai dingin produk dingin dan beku. Ini mencakup tautan utama dalam manajemen rantai dingin mulai dari produksi di pertanian, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, transportasi, dan ritel. Ini terdiri dari bagian-bagian berikut : Part 1 – General requirements, Part 2 – Code of practice for meat, Part 3 – Code of practice for vegetables and fruits, Part 4 – Code of practice for fish, Part 5 – Code of practice for chilled table eggs (under development). Rangkaian standar ini akan memandu Anda dalam menetapkan tujuan organisasi, kebijakan, dan persyaratan teknis yang merupakan kunci dari manajemen rantai dingin untuk produk makanan. Dengan mengadopsi standar ini, Anda dapat lebih menjaga keamanan, kualitas, dan ketahanan pasokan produk makanan dingin dan beku; mengelola risiko pembusukan makanan; dan memfasilitasi penerimaan pengiriman dengan menerima bisnis. Ini pada gilirannya akan membantu Anda menghasilkan penghematan biaya dalam jangka panjang.
  • ISO 22000:2018 Food Safety Management System adalah standar internasional yang mendefinisikan persyaratan sistem manajemen keamanan pangan untuk keamanan dan kebersihan pangan. Sangat cocok jika perusahaan Anda terlibat langsung atau tidak langsung dalam rantai makanan, termasuk perusahaan yang saling terkait seperti produsen peralatan, bahan kemasan, agen pembersih, aditif dan bahan. Memenuhi standar ini memberikan kepercayaan kepada pemasok dan pemangku kepentingan Anda dalam pengendalian bahaya dan standar keamanan pangan Anda.
  • BRC Global Standard for Food Safety provides a framework to manage product safety, integrity, legality and quality, and the operational controls for these criteria in the food and food ingredient manufacturing, processing and packing industry. Recognised by the Global Food Safety Initiative, it provides assurance of the robustness of your company’s food safety management system.
  • BRC Global Standard for Packaging digunakan oleh produsen yang memproduksi bahan kemasan untuk semua jenis produk mulai dari makanan hingga produk konsumen. Ini adalah Standar Pengemasan pertama di dunia yang diakui oleh komite benchmarking Inisiatif Keamanan Pangan Global atau Global Food Safety Initiative benchmarking committee.
  • FSSC 22000 Food Safety Systems menyediakan kerangka kerja untuk mengelola tanggung jawab keamanan pangan organisasi Anda secara efektif. Diakui oleh Inisiatif Keamanan Pangan Global atau Global Food Safety Initiative, ini menunjukkan kekokohan sistem manajemen keamanan pangan perusahaan Anda dan memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan dan konsumen Anda
  • SS 633:2017 Code of Practice for Food Waste Management for Food Processing/ Manufacturing Establishments merekomendasikan dan memandu Anda tentang pengelolaan limbah makanan yang benar selama penerimaan bahan baku, pemrosesan, penyimpanan, pengemasan, pengangkutan, distribusi, dan pengolahan makanan yang dikembalikan. Kode tidak berlaku untuk bahan baku yang masuk dan produk yang ditarik kembali. Jika Anda adalah perusahaan pengolahan atau manufaktur makanan yang ingin mengembangkan rencana pengelolaan limbah makanan, Pedoman ini membantu Anda menghasilkan lebih sedikit limbah makanan.
  • TR 58:2017 Guidelines for Developing Food Products that Qualify for Approved Nutrition or Health Claims apply to local food manufacturers. Panduan ini menentukan praktik dan proses yang direkomendasikan saat Anda menggunakan bahan fungsional dalam produk makanan dan minuman agar memenuhi syarat untuk klaim nutrisi atau kesehatan. Mereka membantu perusahaan Anda untuk memenuhi persyaratan peraturan yang ditetapkan oleh Agri-Food & Veterinary Authority.
  • TR 57:2017 Guidelines on Food Safety and Good Hygiene Practices for the Vending Industry menetapkan pedoman kebersihan atau hygiene guidelines untuk desain, pemasangan, dan pemeliharaan mesin penjual otomatis yang menjual makanan beku, dingin, atau panas. Pedoman ini juga membahas isu-isu terkait operasional. Ini termasuk pasokan dan pengisian kembali makanan dan barang-barang terkait seperti : Pre-packed shelf-stable food products, Juices and beverages, Hot and cold beverages from powdered ingredients or syrups, Ice cream, milk and milk products, Ready-to-eat food items.
  • SS 583:2013 Guidelines on Food Safety Management for Food Service Establishments memungkinkan perusahaan makanan dan minuman Anda untuk mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen keamanan pangan berdasarkan prinsip Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP). Kumpulan pedoman ini berfokus pada bahaya kritis atau critical hazards secara umum. Ini juga memperhitungkan prasyarat dasar seperti praktik kebersihan yang baik untuk memastikan bahwa tempat, peralatan, dan karyawan Anda tidak berkontribusi, atau menjadi bahaya keamanan pangan (food safety hazards).
  • SS 632:2017 Specification for Organic Primary Produce berlaku untuk produk primer seperti biji-bijian, jamur, sayuran segar, rempah segar, dan buah-buahan segar. Ini tidak berlaku untuk ternak, ikan, dan makanan olahan. Ini mencantumkan persyaratan untuk setiap tahap penanganan produk primer organik, seperti produksi, pasca panen, impor, pengemasan dan pengemasan ulang, penyimpanan, pengangkutan, dan pelabelan. Spesifikasi ini didasarkan pada prinsip-prinsip pertanian organik (yaitu, kesehatan, ekologi, keadilan, dan perawatan) yang berkaitan dengan budidaya berbasis tanah, budidaya berbasis substrat, dan akuaponik (soil-based cultivation, substrate-based cultivation, and aquaponics). Ini tidak termasuk metode budidaya berbasis tanah dan non-substrat lainnya (soilless and non-substrate-based cultivation) seperti budidaya hidroponik.

Lebih jelas mengenai standar kategori diatas dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Singapore Standard kategori Information and Communications Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

  • ISO 27001 Information Security Management Systems menetapkan persyaratan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi. Ini mencakup persyaratan untuk penilaian dan penanganan risiko keamanan informasi.
  • ISO 28000 Security Management Systems for Supply Chain menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan, termasuk aspek-aspek penting untuk jaminan keamanan rantai pasokan.
  • SS 584: 2015 Specification for Multi-tiered Cloud Computing Security mencakup manajemen risiko yang baik dan praktik keamanan untuk komputasi awan. Jika Anda adalah pengguna cloud, auditor, atau pemberi sertifikasi yang ingin memahami persyaratan keamanan cloud, ini berlaku untuk Anda. Ini juga relevan untuk penyedia layanan cloud publik yang ingin memperkuat dan mendemonstrasikan kontrol keamanan di lingkungan cloud mereka.
  • TR 38:2014 Technical Reference for Sensor Network for Smart Nation (Public Areas) guides you on communication and application interface standards for the development and deployment of public-area sensor network(s) in Singapore. These may refer to any place (open air or otherwise) accessible to the public, for example, roads, pavements, parks and waterways. Areas in commercial and residential buildings are excluded. If you are a system integrator, technology developer or service providers, this Technical Reference applies to you.
  • TR 38:2014 Referensi Teknis untuk Jaringan Sensor untuk Smart Nation (Area Publik) memandu Anda tentang standar antarmuka komunikasi dan aplikasi untuk pengembangan dan penyebaran jaringan sensor area publik di Singapura. Ini dapat merujuk ke tempat mana pun (udara terbuka atau lainnya) yang dapat diakses oleh publik, misalnya, jalan, trotoar, taman, dan saluran air. Area di bangunan komersial dan tempat tinggal tidak termasuk. Jika Anda seorang integrator sistem, pengembang teknologi, atau penyedia layanan, Referensi Teknis ini berlaku untuk Anda.
  • TR 40:2015 Technical Reference for Sensor Networks for Smart Nation (Homes) menyediakan kerangka kerja untuk pengembangan dan penyebaran jaringan sensor rumah di Singapura. Ini mencakup persyaratan inti untuk penyediaan layanan di bawah Smart Nation, dan standar internasional atau industri untuk interoperabilitas antarmuka. Jika Anda adalah penyedia layanan, pemain industri atau pengembang aplikasi, Referensi Teknis ini berlaku untuk Anda. Untuk pengguna akhir yang paham teknologi, Anda mungkin ingin merujuk ke dokumen ini untuk praktik terbaik saat memilih perangkat atau penyedia layanan, atau saat menyiapkan jaringan rumah Anda.
  • TR 54:2016 Technical Reference for Smart Plugs for Homes mencakup persyaratan keselamatan dan kinerja khusus colokan pintar di bawah perumahan umum. Referensi Teknis ini berlaku untuk Anda jika Anda adalah : •                Manufacturer/ vendor/ supplier of smart plugs, Consultant, Contractor or licensed electrical worker, Building owner, managing agent for buildings, etc.
  • TR 47:2016 Technical Reference for IoT Reference Architecture for Smart Nation menyediakan kerangka kerja yang mendukung pengembangan aplikasi atau sistem untuk IoT dan jaringan sensor untuk mencapai pertukaran data dan penggunaan informasi yang lancar. Ini termasuk seperangkat prinsip desain dan persyaratan arsitektur umum. Jika Anda seorang pengembang sistem, Anda dapat menggunakan Referensi Teknis ini saat mengerjakan aplikasi dan layanan IoT Anda.
  • TR 50:2016 Technical Reference for IoT Information and Services Interoperability for Smart Nation mencakup pertimbangan dan rekomendasi untuk standar antarmuka umum yang berlaku untuk aplikasi lintas domain dan penerapan di seluruh negara. Referensi Teknis ini berlaku untuk Anda jika Anda adalah: Agensi, integrator sistem, atau penyedia layanan yang perlu menerapkan infrastruktur umum untuk solusi IoT atau membuat solusi IoT berdasarkan infrastruktur IoT umum, Pengembang atau vendor yang ingin mengembangkan produk dan solusi lintas domain yang inovatif, Peneliti atau analis yang ingin mengakses dan/atau berbagi data penginderaan untuk keperluan analisis, simulasi dan peramalan, Pengguna akhir yang ingin mengakses dan/atau berbagi data dan solusi penginderaan.

Lebih jelas mengenai standar kategori diatas dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Singapore Standard kategori Logistic

  • Good Distribution Practice (GDP) certification adalah skema sukarela bagi perusahaan yang mencari sertifikasi oleh Health Sciences Authority (HSA) Singapura untuk mematuhi Guidance Notes on GDP. Sertifikasi ini untuk Anda jika perusahaan Anda terlibat dalam penyimpanan dan distribusi produk terapeutik, produk obat atau bahan aktif farmasi. Sertifikat PDB berlaku selama 3 tahun sejak tanggal audit. Anda harus mengirimkan aplikasi baru saat Sertifikat PDB Anda kedaluwarsa.
  • ISO 28000:2007 Supply Chain Security Management Systems menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan rantai pasokan yang kuat. Jika perusahaan Anda terlibat dalam manufaktur, layanan, penyimpanan, atau transportasi, standar ini memungkinkan Anda untuk mengesahkan sistem manajemen rantai pasokan Anda dengan pihak ketiga yang terakreditasi, atau membuat penilaian sendiri dan pernyataan kesesuaian dengan standar ini.
  • TR 39:2015 Technical Reference for Freight Container Equipment Interchange Receipt merupakan pedoman acuan survei visual dan inspeksi, serta pelaporan dan pemutakhiran kondisi peti kemas pada setiap tahap serah terima. Ini memberi Anda panduan tentang: (1) definisi dan istilah umum, (2) survei kualitatif dan kuantitatif visual, dan (3) komunikasi pada titik serah terima untuk meminimalkan perselisihan dan penundaan.
  • TR 46:2016 Technical Reference for Last Mile Delivery – eCommerce Data Interchange adalah panduan referensi untuk meningkatkan pengalaman belanja online konsumen. Ini membantu Anda menentukan dan menstandardisasi kumpulan data pemenuhan pesanan dan alur proses pemenuhan pesanan antara etalase eCommerce dan penyedia layanan logistik. Jika Anda adalah pengecer eCommerce, penjual atau penyedia layanan logistik, referensi ini berlaku untuk Anda.
  • TR 61:2018 Technical Reference on Data Interchange for Last-Mile Delivery Using Parcel Locker Network adalah panduan referensi untuk mengamati protokol komunikasi umum di pasar online untuk meningkatkan efisiensi dalam pengiriman barang. Jika Anda adalah pengecer, penjual, penyedia layanan logistik, atau operator loker/tempat pengambilan paket, referensi ini berlaku untuk Anda.

Singapore Standard kategori Medical Technology (Teknologi medis)

  • ISO 13485 Medical Device – Quality System menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu jika perusahaan Anda perlu menunjukkan kemampuannya untuk menyediakan perangkat medis dan layanan terkait yang secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku. Perusahaan Anda mungkin juga terlibat dalam satu atau lebih tahap siklus hidup, termasuk: Design and development, Production, Storage and distribution, Installation, Servicing of a medical device, Design and development or provision of associated activities (for example, technical support).
  • US Food & Drug Administration’s Code of Federal Regulations Part 820 (FDA CFR 820) adalah seperangkat pedoman dasar tentang praktik pembuatan terbaik perangkat medis jadi. Mengikuti kode ini membantu Anda memberikan jaminan kepada pelanggan Anda bahwa produk Anda aman dan efektif untuk diizinkan masuk ke pasar AS.

Lebih jelas mengenai standar kategori diatas dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Singapore Standard kategori Precision Engineering (Rekayasa Presisi)

SS ISO 10218-1: 2016 Robots and Robotic Devices – Safety Requirements for Industrial Robots – Part 1: Robots menentukan persyaratan keselamatan saat Anda mendesain robot industri. Ini menjelaskan bahaya dasar yang terkait dengan robot, dan menetapkan persyaratan untuk membantu Anda menghilangkan atau mengurangi secara memadai risiko yang terkait dengan bahaya ini.

SS ISO 10218-2: 2016 Robots and Robotic Devices – Safety Requirements for Industrial Robots – Part 2 Robot Systems and Integration menetapkan persyaratan keselamatan saat Anda mengintegrasikan robot industri dan sistem robot industri (sebagaimana didefinisikan dalam ISO 10218-1: 2016), serta sebagai sel robot industri. Ini memberi Anda informasi tentang desain, manufaktur, instalasi, operasi, pemeliharaan dan penonaktifan sistem robot industri atau sel dan perangkat komponen terkait.

ISO/TS 15066:2016 Robots and Robotic Devices – Collaborative Robots menetapkan persyaratan keselamatan saat Anda bermitra dengan sistem robot industri dan lingkungan kerja. Ini melengkapi persyaratan dan panduan tentang operasi robot industri kolaboratif di bawah ISO 10218-1 dan ISO 10218-2. (Catatan: Standar ini tidak berlaku untuk aplikasi kolaboratif yang dirancang sebelum dipublikasikan.)

American Petroleum Institute (API) Q1 and Monogram Program – Quality Management Systems menetapkan persyaratan untuk mengelola kualitas bisnis yang memproduksi peralatan atau komponen peralatan yang digunakan dalam industri minyak dan gas alam.

Lebih jelas mengenai standar kategori diatas dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut :

Singapore Standard kategori Transport

  • TR 68 Technical Reference for Autonomous Vehicles memberikan pedoman untuk perilaku, desain, dan keselamatan kendaraan otonom. Ini juga mencakup persyaratan untuk mengurangi risiko keamanan siber saat menggunakan kendaraan otonom, dan menstandarisasi format data kendaraan untuk memastikan pertukaran data dan penggunaan informasi yang lancar. Referensi Teknis ini berlaku untuk Anda jika Anda adalah: Produsen/pemasok kendaraan otonom, Operator (satu atau lebih unit) kendaraan otonom, Penyedia layanan pengujian dan sertifikasi, Penyedia solusi dan layanan kendaraan otonom.

Demikian artikel dari standarku.com mengenai Singapore Standard.

Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Baca artikel lain :

Sumber referensi :

2 thoughts on “Singapore Standard”

  1. I am not sure where you’re getting your info, but good topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for magnificent info I was looking for this info for my mission.

    Reply

Leave a Comment